TIPS MEMBUKA WARNET

TIPS MEMBUKA WARNET DAN GAME ONLINE

Seiring dengan kebutuhan orang dalam mencari Informasi yang up to date ,usaha warung internet (Warnet) merupakan salah satu usaha yang diminati oleh kebanyakan orang, dan bahkan internet juga sudah banyak digunakan untuk berbisnis online, maka tidak heran jika keinginan seseorang untuk memiliki usaha warnet semakin kuat.
Peluang bisnis yang sangat potensial dalam usaha warnet ini, tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan. Tantangan nyata dari sebuah warnet ini adalah untuk menjaga pelanggan yang bisa setia dan untuk terus datang lagi dan datang lagi. Men-service pelanggan adalah faktor yang sangat penting dalam usaha jasa apapaun, termasuk jasa usaha warnet.
Berikut beberapa tips untuk membuka usaha warnet,supaya mampu bertahan dan bersaing dengan perkembangan tehnologi yang semakin berkembanga :

1. Lokasi yang strategis
Lokasi menjadi salah satu faktor yang menentukan usaha warnet ramai atau tidak, lokasi juga harus mudah dijangkau sehingga mudah juga dicari orang, pilih lokasi warnet yang dipinggir jalan raya, memiliki lahan parkir yang luas, dan sebaiknya cari lokasi yang warga sekitarnya sangat melek internet, boleh juga cari lokasi deket-deket tempat tongkrongan anak-anak muda misalnya deket kampus atau deket café. 

2. Harga sewa
Sebaiknya harga sewa warnet per jamnya disesuaikan dengan harga pasaran pada umumnya, jangan terlalu tinggi atau jangan juga terlalu rendah, jadi kita bisa bersaing sehat dengan kompetitor. Dibikin harga paket mungkin lebih menarik, misalnya paket standar hanya untuk main internet saja, paket internet + minum. paket Internet + makan siang, paket internet + webcam atau apapun bentuk kreatifitasnya sehingga menarik pelanggan untuk memiliki beberapa pilihan alternative sesuai dengan budgetnya. 

3. Produk / kualitas jasa (jaringan internet/provider)
Kualitas yang paling penting pada sebuah warnet dilihat dari cepat dan bagusnya kinerja si internet itu sendiri, yaitu koneksi yang bagus. Pilih jenis provider yang memang mendukung buat sarana warnet, jangan hanya dilihat dari murahnya, tapi lihat juga dari kualitas kecepatan dan koneksi yang bagus. Karena bagaimanapun ini adalah bisnis, jadi memang harus siap dengan modal yang bagus untuk hasil dan pelayanan yang bagus juga. 

4. Promosi
Walaupun ini adalah sebuah warnet yang kemungkinan besar orang pasti membutuhkannya, ada baiknya kalo dibuatkan juga promosinya, misalnya promosi pas di hari valentine days, atau promo bagi yang ulang tahun, atau promo-promo menarik lainnya, dan alangkah lebih baik lagi apabila promo-promo tersebut kita promosikan juga ke media, misal pasang iklan di koran,di majalah kampus, atau mungkin sebar flier. Intinya jangan pernah berhenti melakukan promosi demi kelangsungan masa depan warnet yang lebih baik lagi. 

5. Pelayanan tambahan
Pelayanan tambahan misalnya warnet + café, tentunya design warnet juga lebih menarik kalau dibuat unik, pelayanan tambahan jasa yang lainnya sepeti burningCD, Anti virus, printing, atau tambahan yang kira-kira terkait dengan usaha warnet tersebut. Semakin banyak dan semakin baik pelayanannya, pengunjung/pelanggan pasti akan kembali lagi dan setia menjadi langganan kita. 

Tren terus berubah dan teknologi terus ditingkatkan. Misalnya, Webcam, video conference dan inovasi seperti VOIP , yang sebelumnya tidak ada fasilitas dalam setiap usaha warnet, tetapi demi persaingan yang sehat dan mengikuti perkembangan jaman, fasilitas-fasilitas tersebut dapat ditambahkan dalam usaha warnet.
Jadi kelangsungan hidup dan kesejahteraan sebuah usaha warnet tergantung pada seberapa jauh kita menyesuaikan dengan perubahan tren dalam fasilitas internet dan teknologi yang terkait.
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Teknisi Komputer dan Jaringan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger